Fase Kehamilan Yang Wajib Diketahui

Posted on

Fase kehamilan bukan sesuatu hal yang baru bagi ibu ibu yang sudah mempunyai anak, apalagi anaknya lebih dari satu. Pengetahuan akan fase kehamilan menjadi penting untuk diketahui bagi ibu muda, khususnya ibu ibu baru atau ibu yang sudah mulai telat haid atau bisa disebut Newbie Mom.

Hamil adalah kodrati bagi kaum perempuan dan hamil itu sendiri banyak yang mengharapkan dan menantikan karena kehamilan akan menghasilkan keturunan yang menjadi pelengkap dalam kehidupan berumah tangga.

Newbie Mom tidak perlu cemas dan tidak perlu risau karena pada saat sekarang informasi sangat melimpah dan medianya pun sangat banyak hanya sekedar untuk mengetahui beberapa hal berkaitan dengan proses kehamilan. Fase kehamilan sangat perlu untuk di ketahui bagi Newbie Mom karena banyak hal dan banyak perubahan baik secara fisik maupun psikologis yang dirasakan oleh ibu yang sedang mengandung.

Perkembangan fase dari sebuah kehamilan itu dialami baik bagi ibunya sendiri maupun perkembangan dari janin yang ada di dalam kandungan. Pengetahuan akan fase kehamilan jika sudah diketahui maka tidak akan mengalami kondisi yang kaget karena adanya perubahan pada diri sang ibu.

fase kehamilan

Perubahan perubahan yang terjadi pada fase kehamilan itu baik fisik tubuh yang membesar, pola makan dan mungkin secara psikologis juga akan mengalami perubahan.

Secara umum proses kehamilan itu terbagi menjadi beberapa fase kehamilan yaitu fase trimester pertama, fase trimester ke dua dan fase trimester ketiga.

Trimester Pertama

Fase kehamilan Trimester Pertama adalah masa kandungan seorang ibu menginjak usia nol sampai tiga belas minggu (tiga bulan) pertama usia kandungan. Pada masa ini berat janin yang normal berkisar sekitar 1,2 kg.

Ada beberapa hal umumnya yang akan dirasakan oleh Newbie Mom pada fase ini yaitu; kram ringan, payudara sakit, mual, sering kencing, sering lelah, sering lapar, berat badan meningkat, perut begah (karena meningkatnya hormon progresterone), perubahan ukuran payu udara. Perubahan tersebut jangan sampai menjadi risau atau bingung karena secara umum proses tersebut akan alami berjalan sesuai dengan waktu.

Pada fase kehamilan pertama yaitu 0 sampai 13 minggu perkembangan yang dialami oleh janin yaitu masa pembentukan dan perkembangan organ dan sistem tubuh. Pada kondisi ini seorang ibu sangat membutuhkan asupan asam folat untuk mendukung perkembangan syaraf yang sempurna.

Trimester Kedua

Trimester kedua yaitu fase kehamilan pada umur 14 – 27 minggu. Pada fase ini bayi sudah mengalami kenaikan berat badannya menjadi sekitar 7,5 Kg. Adapun beberapa hal yang umum dirasakan oleh sang ibu yaitu, rambut lebih berkilau dan tebal, nafsu makan bertambah, mungkin bisa ada mimisan, meningkatnya libido, ada kecendurungan beberapa kasus susah BAB, mulai sakit punggung, rambut dan kuku tumbuh lebih cepat, berat badan juga bertambah, mungkin terasa gatal pada perut, dan biasanya susah tidur.

Pada fase kehamilan tri mester kedua perkembangan bayi pada tahap organ-organ tubuhnya mulai terbentuk sempurna, wajah sudah sempurna, otak mulai berkembang, bibir dan mata sudah mulai terlihat, sudah bisa mulai mendengarkan suara dari luar rahim, sudah mulai ada pergerakan dll.

Trimester Ketiga

Fase kehamilan trimester tiga adalah pada usia sekitar 28 – 42 minggu, sehingga berat badan sang ibu naik mencapai sekitar 12 kg. Trimester tiga adalah trimester akhir oleh karena itu sang ibu sudah harus menyiapkan berbagai hal menjelang kelarihan sang buah hati. Persiapan tidak hanya yang bersifat perlengkapan tetapi sang ibu juga harus banyak jalan yang tujuannya untuk kelancaran pada saat melahirkan. Dalam fase ini yang lebih penting juga adalah kesiapan dari suami untuk selalu siaga jika suatu waktu waktu harus mengantar ke bidan/dokter.

Pada trimester akhir ini biasanya sang ibu susah tidur, perut mulas, bisa jadi sakit kepala, mungkin bisa susah BAB, bernafas dirasa pendek, gelisah meningkat, kencing menjadi sering, banyak muncul stretchmark di bagian perut. Adapun perkembangan yang terjadi pada bayi yaitu paru-paru sudah sempurna, banyak geraknya, panca indra nya muali bekerja, kepala bayi sudah dibawah, dan tulang tubuhnya sudah terbentuk dengan baik.

Fase kehamilan 0 sampai 42 minggu yang pastinya mungkin banyak hal yang dirasakan tidak nyaman, tetapi semua itu adalah proses alami yang belum tentu kondisinya akan persis sama antara satu ibu dengan ibu yang lain. Satu hal yang sangat penting adalah harus secara rutin memeriksakan perkembangan kandungan mulai dari trimester satu sampai trimester tiga ke ahlinya bisa bidan atau ke dokter.

Jika pemeriksaan rutin sudah dilaksanakan maka yang terakhir adalah doa dan pasrah kepada sang pencipta yaitu Allah SWT agar proses kehamilan dan kelahiran anak yang dirindukan bisa berjalan lancar dan menjadi anak yang sehat, soleh dan berguna bagi kedua orang tua, agama, nusa dan bangsa Aaamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *