Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dengan Cara yang Mudah

Posted on

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah – menjadicantik.comSalah satu bagian wajah yang tidak mempunyai jaringan kelenjar minyak adalah bibir. Keunikan ini membuat kita mesti ekstra hati-hati dalam menjaga dan merawatnya, karena salah-salah dalam penjagaan dan perawatannya akan berakibat buruk. Mengingat posisinya sangat sentral, yaitu pada bagian muka, maka cacat sedikit saja si empunya bibir akan merasa kurang PeDe untuk tampil dimuka umum.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami bibir pecah-pecah, termasuk Anda bukan ? ini sebenarnya adalah keadaan normal, terlebih Negeri kita ini termasuk daerah tropis, dimana paparan sinar matahari, curah hujan, angin serta suhu berubah-ubah setiap musimnya. Keadaan iklim dan cuaca tropis ini menjadi salah satu penyebab utama timbulnya pecah-pecah pada bibir, terlebih jika kita kurang care untuk menjaga dan merawatnya.

Selain faktor iklim dan cuaca penyebab pecah-pecahnya bibir kita, ternyata masih ada penyebab lainnya, yaitu kebiasaan atau tepatnya keisengan diantara kita sering menjilati bibir sendiri ketika kering. Keisengan ini akan memperparah pecahan pada bibir, karena kelembaban bibir akan menguap bersamaan dengan menguapnya air liur dari permukaan kulit bibir.

Keisengan lain yang membuat bibir pecah-pecah adalah sering menggigit bibir sendiri entah sadar atau tidak.

Kebiasaan ataupun keterpaksaan bernapas melalui mulut, hal ini terjadi ketika kita terserang flue, dimana kita kesulitan bernapas melalui hidung yang tersumbat. Keluar masuknya udara melalui mulut akan mempercepat keringnya bibir dan lama-lama akan terjadi pecah-pecah pada bibir.

Kebiasaan buruk lainnya adalah merokok. Tar yang terdapat pada asap rokok akan menempel pada permukaan kulit bibir, selain menimbulkan warna kusam-hitam pada bibir, juga agan memicu timbulnya pecah-pecah pada bibir.

Asupan nutrisi yang mengandung Vitamin A, C dan K serta likopen yang kurang memadai, itu juga ditengarai menjadi penyebab bibir Anda sering mengalami pecah-pecah. Kurangnya minum air mineral yang menimbulkan dehidrasi juga menjadi penyebab bibir kita menjadi pecah-pecah.

cara mengatasi bibir pecah-pecah

Lady’s itulah sebab-musabab terjadinya pecah-pecah pada bibir kita dan untuk mengatasinya berikut ini merupakan Cara Mengatasi Bibir Pecah yang dapat diterapkan sebelum berlanjut kepada yang lebih parah :

  1. Rajin Minum air Putih

Cara Mengatasi Bibir Pecah yang pertama adalah rajin minum air mineral. Teruma pada saat musim kemarau maupun musim penghujan. Pada musim kemarau udara di luar ruangan sangat panas dan pasti tubuh kita akan terus mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, air yang keluar dari tubuh kita harus segera diganti dengan rajin minum air mineral agar tidak terjadi dehidrasi. Pada musim hujan juga demikian, udara dingin tapi kelembaban rendah. Jadi tidak heran jika dalam keadaan cuaca dingin kita sering buang air kecil dan itupun harus segera diganti dengan air baru, jadi tetap minum air mineral harus rajin dilakukan. Kebutuhan air minum per harinya berkisar antara 2-2,5.

  1. Kurangi kebiasaan menjilati bibir

Lady’s, Cara Mengatasi Bibir Pecah  berikutnya adalah, kurangi kebiasaan menjilat bibir sendiri dari sekarang. Mungkin maksudnya adalah membasahi bibir yang kering. Lady’s seperti yang dikemukan di atas, bahwa  air liur akan mengingat kelembaban bibir, begitu air liur menguap dari permukaan bibir, bersamaan dengan itu, bibir kita akan kering karena kelembabannya ikut menguap bersama air liur tadi. Hal lainnya adalah hindari penggunaan lips-balm yang mengandung rasa, karena secara tidak sadar kita akan selalu berusaha menjilati bibir sendiri.

  1. Rajin memakai pelembab Bibir

Cara Mengatasi Bibir Pecah  berikutnya adalah rajin memakai pelembab bibir. Hal ini didasari oleh keadaan iklim dan cuaca daerah tropis, diamana matahari selalu bersinar sepanjang tahun, ditambah angin juga selalu semilir. Keadaan iklim dan cuaca tersebut berpengaruh juga pada kelembaban bibir kita, maka Cara Mengatasi Bibir Pecah selain rajin minum adalah rajin menggunakan pelembab bibir. Jika Lady’s sering menggunakan pemerah bibir, maka alangkah baiknya pemerah bibir tersebut sudah mengandung SPF.

  1. Asupan Nutrisi

Cara Mengatasi Bibir pecah berikutnya adalah tercukupinya kebutuhan vitamin yang akan mensuport terhadap kesehatan bibir. Makanan yang dikonsumsi mesti mengandung vitamin A, C dan likopen serta air cukup tinggi. Salah satu sayuran yang dapat diaplikasikan untuk menjaga kelembaban bibir adalah buah mentimun. Cukup potong mentimun yang telah dibersihkan dioleskan secara merata pada permukaan bibir sambil agak ditekan. Treatmen ini lakukan secara rutin agar memperoleh hasil yang optimal. Selain buah mentimun Lady’s juga bisa mengoleskan irisan buah tomat pada bibir. Buah tomat ini selain mengandung air, juga mengandung vitamin A dan C serta likopen yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit termasuk bibir.

Nah, itulah Ladys, Cara Mengatasi Bibir Pecah, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *