Buah Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui Untuk Dikonsumsi

Posted on

Buah Untuk Ibu Hamilmenjadicantik.com. Buah-buahan banyak jenisnya dan secara umum sangat baik untuk kesehatan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh siapapun. Dalam menjaga kesehatan dan dalam mendukung metabolisme tubuh buah-buahan sangat diperlukan, demikian juga untuk ibu hamil sangat memerlukan buah-buahan. Ibu yang sedang hamil sangat memerlukan asupan nutrisi dari buah akan tetapi tidak semua buah bisa di konsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu harus diketahui macam macam buah untuk ibu hamil.

Buah untuk ibu hamil sangat banyak yang bisa di konsumsi dan alangkah baiknya seorang ibu hamil menkonsumsi 2-4 sajian per hari dengan ukuran per saji ukuran sedang.

buah untuk ibu hamil

Macam-macam buah untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi yaitu :

Buah kurma

Buah kurma adalah salah satu jenis buah untuk ibu hamil yang sangat luar biasanya kandungan vitaminnya. Makanya tidak salah jika kurma menjadi menu utama dalam pembuka pada saat buka puasa di saat bulan Ramadhan. Manfaat kurma untuk ibu yang hamil karena memiliki kandungan gula 60-70%, zat besi, kalium dan vitamin B komplek. Manfaat lain yaitu dapat memperkuat dinding rahim dan sangat di sarankan untuk di konsumsi pada trimester akhir sebagai sumber energi untuk persiapan dalam masa persalinan.

Jambu Air

Buah untuk ibu hamil yang disarankan salah satunya adalah jambu air. Sesuai dengan namanya yaitu jambu air maka kandungan air cukup banyak yang bermanfaat untuk mengurangi dehidrasi. Manfaat lain yaitu untuk melancarkan pencernaan dan dapat digunakan untuk memngoptimalkan kinerja sel darah putih. Manfaat tersebut didapat karena jambu air banyak kandungan vitamin A, C dan air.

Alpuket

Alpuket salah satu buah yang tidak susah untuk didapatkan di Indonesia. Alpuket juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk yang menjalani diet. Alpuket mengandung banyak asam folat, vitamin B komplek dan kalium yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak janin dan tulang belakang janin.

Buah Naga

Kulit buah yang tebal pada buah naga sehingga dalam kegiatan pemeliharaannya jarang sekali menggunakan pestisida, sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk ibu hamil. Disamping itu buah naga juga punya sejuta khasiat dan salah satunya dapat membantu mengeluarkan dahak yang sering diderita pada ibu hamil.

Pisang

Pisang merupakan salah satu yang sangat mudah untuk dibudidayakan sehingga buah pisang sangat mudah untuk dicari. Kalium dalam buah pisang dapat menjadi pasokan energi yang cepat bagi ibu hamil. Makanya sering kita jumpai banyak olah ragawan yang menkonsumsi pisang pada saat pertandingan karena pasokan energinya. Disamping itu kandungan vitamin B-6, vitamin C dan serat pada buah pisang sangat bagus untuk ibu hamil.

Jeruk

Kandungan vitamin C, asam folat, serat sangat bagus untuk ibu yang hamil. Kandungan air dalam jeruk juga membantu mengurangi dehidrasi pada ibu hamil. Untuk itu jeruk merupakan salah satu buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu yang hamil.

Anggur

Anggur mempunyai dua jenis yaitu anggur hitam dan anggur merah. Pada umumnya orang sangat suka pada buah anggur karena rasanya yang manis. Anggur banyak mengandung antioksidan yang dapat mencegah timbulnya kanker. Disamping itu anggur juga memiliki senyawa polifenol dan resveratol yang berguna untuk metabolisme tubuh yaitu memberikan asupan zat besi dan menjadi sumber energi.

Apel

Apel pada umumnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu apel warna hijau dan apel warna merah. Apel mempunyai kandungan vitamin yang banyak yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6 dan vitamin C. Kandungan vitamin tersebut sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil. Manfaat lain dari apel yaitu sangat berguna mengatasi sembelit dan sangat bagus untuk perkembangan janin. Buah apel juga banyak mengandung gizi dan nutrisi seperti tannin, asam malat dan serat lainnya yang diperlukan untuk kesehatan ibu hamil.

Mangga

Mangga sangat kaya akan vitamin C dan banyak mengandung vitamin A sehingga sangat bagus bagi ibu hamil dalam menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

Buah untuk ibu hamil sebagaimana uraian diatas dapat dijadikan salah satu referensi dalam menjaga dan mengatur asupan makanan bagi ibu yang sedang hamil. Kesehatan ibu dan janin menjadi prioritas utama agar dalam proses kehamilan dan sampai melahirkan dapat berjalan lancar. Tentunya kesehatan tersebut tidak hanya dari makanan saja tetapi harus di topang dengan yang lain sepeti pemeriksanaan ke dokter secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *